Hello, I'm Umar Wijaksono. Indonesian Bloggers
Interest to be Engineer, Entrepreneur, Teacher and Writer. Hobbies Reading, Writing, Keliling and Nangkring
Welcome to My Digital Diary. Enjoy This Page

Es Lidah Buaya

Tidak ada komentar
1. Ungkapkan dengan kata-kata anda sendiri,  jelaskan ide bisnis anda.
(Misalnya, diskripsikan produk atau jasa apa yang akan anda buat/jual. Mengapa pelanggan perlu membeli produk atau jasa anda? Pada tingkat harga berapa anda akan menjual produk atau jasa anda, dan bagaimana itu bias menguntungkan bisnis anda? Bagaimana bisnis anda akan berbeda dalam persaingan bisnis yang sudah ada?, Inovasi apa yang anda tawarkan?
 
Ide bisnis yang akan saya kembangkan adalah es lidah buaya. Yang akan dikembangkan di daerah Cirebon. Karena melihat suhu di daerah Cirebon itu lumayan panas, maka kuliner es lah dirasa cocok untuk menyegarkan tenggorokan. Mungkin di beberapa kota es lidah buaya ini sudah dikembangkan, tetapi yang saya lihat di daerah Cirebon masih sedikit bahkan saya belum menemukan es lidah buaya tersebut. Saya akan menjual es ini dengan harga yang bersaing, artinya disesuaikan dengan ekonomi daerah Cirebon, yaa sekitar Rp.5000,-/gelas. Saya rasa bisnis ini menguntungkan karena masih sedikit yang mengembangkan dan juga saya akan mengemasnya se kreatif mungkin agara konsumen merasa nyaman ketika membeli es lidah buaya. Misalnya, dengan pelayanan yang ramah, tempat yang bersih, dan lain sebagainya. Inovasi yang akan saya coba adalah dengan berbagai rasa es lidah buaya.


2.  Ceritakan tentang diri anda dan apa yang menginspirasi atau memotivasi anda tentang ide bisnis ini? 
(Misalnya, apakah didasarkan pada skill atau kemampuan anda? Apakah anda akan memecahkan masalah orang? Apakah bisnis anda menangkap peluang yang masih longgar?)
 
Ide bisnis ini muncul terinspirasi dari teman yang menawarkan es lidah buaya. Dan saya ingin mengembangkan ide bisnis ini di daerah Cirebon. Dan juga saya mencoba menangkap peluang yang ada, artinya masih sedikit yang mengembangkan bisnis ini di daerah Cirebon. Selain itu, cita-cita saya juga menjadi pengusaha. Karena melihat lingkungan sekitar rumah sungguh memprihatinkan mereka banyak yang putus sekolah sehingga mereka harus bekerja serabutan. Dari sinilah timbul keprihatinan saya sebagai mahasiswa yang disebut-sebut sebagai agen perubahan, saya ingin memberikan satu tindakan yang mudah-mudahan bisa membawa perubahan kea rah yang lebih baik juga bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat sekitar, yaitu dengan membuka lapangan pekerjaan dan membimbing mereka menjadi manusia yang bermanfaat bagi diri nya sendiri juga bagi lingkungan sekitar. Serta bersama-sama dengan masyarakat, kita bentuk desa ini agar bisa menjadi inspirasi bagi desa lainnya. Aamiin. Usaha yang keras juga disertai dengan do’a yang ikhlas, insya Allah semuanya akan tercapai. Aamiin. 


3. Siapa yang akan menjadi pelanggan anda dan bagaimana/dimana mereka akan membeli produk/jasa anda?
(Misalnya, apakah pelanggan pada rentang usia tertentu, apakah kebanyakan pelanggan adalah laki-laki atau perempuan, apakah mereka punya minat tertentu, apakah mereka tingga di tempat tertentu, atau mereka adalah dari kelompok yang beragam? Juga, apakah mereka membeli produk/jasa anda di pasar, toko, outlet jalanan atau internet?) 

Sasaran dari bisnis ini adalah semua usia, kecuali yang masih balita. Mereka bisa membeli produk ini di outlet jalanan tepatnya di pinggir jalan. Atau juga bisa pesan jika membeli produknya dalam jumlah yang banyak. Sasaran yang lainnya juga ketika musim kemarau tiba. Strategi marketing yang akan saya coba terapkan adalah dengan menghubungi teman-teman saya untuk main, sekedar nongkrong di outlet. Dari mulut ke mulut, via media social dan lain-lainnya.
  

4. Apa tantangan utama yang anda hadapi dan bagaimana anda dapat mewujudkan bisnis anda?
(Misalnya, tempat usaha, peralatan usaha, tenaga kerja, dana, saran bisnis, pelatihan)

Tantangan utama yang dihadapi bisnis ini adalah bahan baku nya, yaitu lidah buaya. Masih sedikit budidaya tanaman lidah buaya. Tetapi saya akan terus mencari tempat budidaya tanaman lidah buaya yang banyak. Tantangan yang lainnya adalah dana dan pelatihan. Untuk menghadapi tantangan ini, yaitu dana, adalah dengan mengikuti kompetesi bisnis ini. Selain itu juga saya mencari partner bisnis ini. Dan untuk pelatihan, saya akan mengikuti beberapa pelatihan bisnis. Tempat usaha sudah bisa diatasi, tenaga kerja mengambil dari teman-teman dekat, peralatan usaha bisa dicari


Tidak ada komentar :

Poskan Komentar